-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Pengamat Bagindo Togar Butar Butar, Menyoroti Perjalanan Pilkada Musi Rawas

Pengamat Bagindo Togar Butar Butar, Menyoroti Perjalanan Pilkada Musi Rawas

Pengamat Bagindo Togar Butar Butar, Menyoroti Perjalanan Pilkada Musi Rawas

BLKN NEWS ■  Pengamat Sosial dan Politik Forum Demokrasi Sriwjaya, Dr, Bagindo Togar Butar Butar, menyoroti perjalanan Pilkada di Kabupaten Musi Rawas, yang  akhir-akhir ini terkesan tak demokratis.

Pasalnya, ada oknum perangkat desa, yang secara nyata dan terang terangan melarang relawan salah satu paslon, untuk bersosialisasi kerumah-rumah warga, tentu saja hal ini sangat merugikan bagi Paslon.

Menyikapi hal itu, menurut Bagindo Togar, Perlu dipahami oleh Perangkat Desa, bahwa setiap paslon tentu ada tim pemenangan, strategi, format dan cara kerjanya masing-masing agar sukses diakhir kompetisi. 

" Mengapa harus dilarang oleh oknum Kades, perlu dipahami, bahwa tim Paslon bersosialisasi ke warga itu, sama saja seperti "Sales" diartikulasikan sebagian representasi Marketing Politik," jelasnya.

Dia mengatakan, hal itu sah dan legal guna memasarkan kwalitas personifikasi kandidat, dengan ketentuan selaras regulasi kampanye yang diterbitkan oleh penyelenggara ( KPU/Bawaslu ), serta tanpa indikasi praktek politik uang.

" Artinya, oknum itu atau tim paslon petahana, tak perlu bereaksi ataupun muncul rasa khawatir berlebihan atas penomena marketing politik seperti ini. Sikapilah secara humble, arif juga satria," kata Bagindo Togar.

Dia juga menyarankan, Menurutnya, bila perlu, tim petahana melakukan kreasi marketing politik yang lebih menarik plus aktif lagi dengan mengedepankan peran para kader parpol serta warga, sehingga parisipasi pemilih akan tercapai seperti yang diharapkan penyelenggara.

Bagindo Togar berujar, bahwa dalam era demokrasi modern saat ini, pertarungan politik diwarnai atau menawarkan program-program unggulan yang secara intensif, jelas, realistis, juga terukur output kebijakannya bagi pemerataan.

Karena menurutnya, peningkatan kesejahteraan masyarakat, bukan hanya bagi segelintir orang maupun kelompok sosial yang dekat dengan elite kekuasaan, tetapi untuk seluruh masyarakat berdomisili di Musi Rawas.

" Pilkada kali ini, akan mampu mewujudkan perubahan sesuai ekspektasi pemilik suara yang luapan harapannya signifikan terhadap peningkatan taraf serta derajat sosial ekonomi mereka," Pungkasnya.

Laporan: Sandy/Suherman

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.