Jelang Pilkada 2020, Apel Coklit Dilaksanakan di Palumbungan Bobotsari
-->

Jelang Pilkada 2020, Apel Coklit Dilaksanakan di Palumbungan Bobotsari

BLKN NEWS
Minggu, 19 Juli 2020

  Jelang Pilkada 2020, Apel Coklit Dilaksanakan di Palumbungan Bobotsari

BLKN NEWS ■ Kabupaten Purbalingga memasuki masa persiapan Pilkada. TNI sesuai porsinya dengan diwakili para Babinsa turut aktif dalam proses dan tahapan Pilkada.

Peran  tersebut salah satunya ditunjukkan oleh Babinsa Koramil 08/Bobotsari Sertu Sunarto yang turut mengikuti Kegiatan Apel Coklit PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih) Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 di Desa Palumbungan Wetan, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga (18/07/2020).

Acara apel ini diikuti oleh 15 orang anggota PPDP dan dipimpin oleh Ali Priyono selaku Ketua PPS Desa Palumbungan Wetan dengan mengambil tempat di  halaman Aula Balai Desa Palumbungan Wetan.

Dalam kesempatan tersebut  Ali Priyono mengatakan," walaupun pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) masih beberapa bulan lagi, namun persiapan dari panitia sudah mulai dimaksimalkan,".

"Persiapan secara administratif terus dilakukan dan panitia yang terlibat kepengurusan juga mengikuti bimbingan teknis. Pencocokan dan Penelitian yang selanjutnya disebut Coklit yaitu kegiatan yang dilakukan oleh PPDP dalam Pemutakhiran Data Pemilih dengan bertemu pemilih secara langsung dan berdasarkan perbaikan dari Rukun Tetangga/Rukun Warga atau nama lain dan tambahan pemilih," ungkapnya.

Bimbingan teknis yang dilaksanakan nantinya juga bertujuan agar  seluruh pelaksana kepanitiaan Pilkada tidak ada yang gagal paham atau tidak mengerti dalam melaksanakan tugasnya, diharapkan petugas nantinya dapat mempersiapkan semua data pemilih secara teliti dan tidak ada kesalahan pada saat pelaksanaan.

Dalam kesempatan yang sama Babinsa juga turut mengungkapkan kesiapannya dalam mendukung pelaksanaan Pilkada.

"Kami dari Koramil 08/Bobotsari siap  mendukung dan mengawal agar pelaksanaan Pilkada mendatang dapat berjalan dengan aman, lancar, jujur dan adil," ungkap Sertu Sunarto.

■ Imam Santoso/Hms