Jelang Pengumuman Rekom DPP PDIP: Gibran Diundang, Achmad Purnomo Tak Diundang
-->

Jelang Pengumuman Rekom DPP PDIP: Gibran Diundang, Achmad Purnomo Tak Diundang

BLKN NEWS
Jumat, 17 Juli 2020

Jelang Pengumuman Rekom DPP PDIP: Gibran Diundang, Achmad Purnomo Tak Diundang

BLKN NEWS ■ Gibran Rakabuming Raka, putera sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), hampir pasti memperoleh rekomendasi dari DPP PDIP untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo 9 Desember. Dia berpasangan dengan Teguh Prakosa, Sekretaris DPC PDIP Solo.

Rencananya, rekomendasi tersebut diumumkan DPP PDIP secara virtual, pada Jumat (17/7) ini.

Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo, saat dikonfirmasi wartawan di kantornya, Kamis (16/7), mengaku belum mengetahui rekomendasi yang bakal diumumkannya tersebut.
Meski begitu, dia menjelaskan, sejumlah orang memang telah diundang DPP PDIP untuk datang ke Kantor DPD PDIP Jateng di Semarang menghadiri pengumuman rekomendasi secara virtual, di antaranya Gibran Rakabuming Raka, Teguh Prakosa dan pengurus harian DPC PDIP Solo.

Sementara Achmad Purnomo yang dijagokan DPC PDIP Solo dan berpasangan pula dengan Teguh Prakosa, sejauh ini tak memperoleh undangan untuk menghadiri pengumuman tersebut. Sesuai tradisi yang berlaku di PDIP, saat pengumuman rekomendasi, bakal calon yang hendak diusung diundang hadir bersama pengurus harian.

Meski begitu, pria yang akrab disapa Rudy itu mengaku tidak mengetahui persis nama-nama yang bakal memperoleh rekomendasi.

“Kalau rekomendasi biar DPP yang menyampaikan. Memang kemungkinan dua nama itu. Tapi kan posisi walikota dan wakilnya siapa, belum tahu,” katanya.

Sementara itu, Teguh Prakosa saat dihubungi terpisah mengakui telah menerima undangan ke Semarang menghadiri pengumuman rekomendasi. Selain undangan dalam kapasitas sebagai Sekretaris DPC PDIP Solo, juga memperoleh undangan secara pribadi. Perebutan rekomendasi dari DPP PDIP dalam Pilkada Solo, memang cukup ketat.

Berdasarkan penjaringan dari struktur partai paling bawah, DPC PDIP menjagokan Achmad Purnomo yang saat ini masih menduduki pos Wakil Walikota Solo berpasangan dengan Teguh Prakosa.

Namun beberapa saat kemudian, Gibran juga mencalonkan diri dengan mendaftar sebagai bakal calon walikota Solo ke DPD PDIP Jateng. Dalam perkembangan berikutnya, ketiganya memperoleh undangan mengikuti fit and proper test yang digelar DPP PDIP.

Persaingan rekomendasi itu, dipastikan berakhir Jumat (17/7) bersamaan dengan pengumuman pasangan calon walikota dan wakil walikota. (KR)