-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kepsek SDN 07 Kubu Gulai Bancah Ikuti Kegiatan Advokasi Implementasi GSS di Jakarta

Kepsek SDN 07 Kubu Gulai Bancah Ikuti Kegiatan Advokasi Implementasi GSS di Jakarta

JAKARTA, BLKNNEWS.COM, Kepala Sekolah SD Negeri 07 Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi, Yurneli, S.Pd mengikuti kegiatan Advokasi Implementasi Gerakan Sekolah Sehat Satuan Pendidikan Binaan Jenjang Sekolah Dasar Regional 1 yang dilaksanakan mulai Senin s/d Rabu  29 April - 1 Mei 2024, bertempat di Aston Kartika Grogol Hotel & Conference Center Kartika Jakarta Barat. Yurneli adalah satu-satunya kepala sekolah yang mengikuti kegiatan ini dari Kota Bukittinggi.

Pada saat awak media ini melakukan wawancara melalui via WhatsApp sekaitan dengan kegiatan tersebut, Kepala SDN 07 Gulai Bancah Kota Bukittinggi Yurneli, S. Pd menjelaskan bahwa Gerakan Sekolah Sehat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesehatan peserta didik.

Dikatakannya bahwa Kemendikbudristek menetapkan kebijakan peningkatan status kesehatan sekolah dan revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) melalui Gerakan Sekolah Sehat (GSS). Gerakan Sekolah Sehat bertujuan memberi ruang kepada berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam upaya peningkatan kesehatan sekolah dan kesehatan peserta didik secara berkelanjutan dengan berfokus 5 sehat, yaitu sehat bergizi, sehat fisik, sehat imunisasi, sehat jiwa dan sehat lingkungan, jelas Yurneli. 

Lebih lanjut dijelaskan Yurneli bahwa sehat gizi yaitu untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik melalui penerapan pola makan yang tepat dan konsumsi makanan bergizi, dengan melakukan pembiasaan minum air putih minimal dua gelas sehari, dengan cara para siswa membawa botol air sedangkan sekolah menyiapkan air putih isi ulang, kemudian program sarapan atau makan bersama termasuk buah sayur minimal satu kali dalam seminggu, tambahnya.

Sehat fisik jelas Yurneli yaitu untuk meningkatkan kualitas kesehatan fisik kepada seluruh ekosistem atau warga sekolah/satuan pendidikan. Hal ini dapat diwujudkan dengan program peregangan minimal satu kali saat pergantian jam pembelajaran, melakukan SKJ, melakukan permainan rakyat dan olahraga tradisional, melakukan olahraga intrakurikuler dan ekstrakurikuler, pembiasaan jalan kaki, pelaksanaan Tes Kebugaran Siswa Indonesia.

"Sehat imunisasi yaitu untuk meningkatkan capaian imunisasi peserta didik agar mendapatkan imunisasi dasar lengkap. Khususnya pada jenjang PAUD dan SD dapat diwujudkan dengan beberapa kegiatan. Seperti, Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAS), memeriksa riwayat imunisasi lengkap peserta didik, dan merekomendasikan orang tua/wali untuk lengkapi imunisasi anak, terangnya. 

Kemudian Sehat jiwa dikatakan oleh Kepsek SDN 07 Gulai Bancah yaitu dengan cara meningkatkan perkembangan peserta didik, baik secara fisik, mental, spiritual, dan sosial sehingga mampu menyadari kemampuan sendiri dan dapat mengatasi tekanan.

Sehat lingkungan yaitu meningkatkan kondisi satuan pendidikan yang dapat mendukung tumbuh kembang peserta didik secara optimal, membentuk Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Tak hanya itu, Yurneli pada kesempatan wawancara tersebut juga menjelaskan bahwa Kegiatan Advokasi Implementasi Gerakan Sekolah Sehat ini bertujuan untuk:

1. Meningkatkan pemahaman satuan pendidikan binaan tentang urgensi sekolah sehat dalam kaitannya dengan revitalisasi UKS melalui Gerakan Sekolah Sehat. 

2. Memberikan pembekalan kepada satuan pendidikan binaan dalam mengimplementasikan GSS dengan mengacu pada Pedoman GGS tahun 2024.

3. Meningkatkan kemampuan satuan pendidikan binaan dalam mengembangkan model model implementasi GSS yang efektif, kreatif, inovatif, menarik dan menyenangkan

4. Sharing pengalaman praktik baik yang telah dijalankan di sekolah binaan.

5. Mendapatkan isu strategis tantangan yang dihadapi dan alternatif solusi dalam melaksanakan program.

6. Pengimbasan praktik baik sekolah binaan dengan yang bukan binaan. Mempengaruhi mitra pembangunan agar mau bermitra dengan satuan pendidikan atau dinas pendidikan yang membutuhkan dalam mendukung Program GSS. 

Dan hasil yang diharapkan ungkap Yurneli dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :

1. Program kegiatan inovatif dan efektif dalam implementasi GSS di Sekolah Dasar. 

2. Dokumen rencana tindak lanjut berupa rencana kegiatan kegiatan satuan pendidikan binaan dalam implementasi GSS tahun 2024

Terakhir Kepsek Yurneli, S. Pd mengatakan bahwa SD Negeri 07 Kubu Gulai Bancah siap untuk mendukung dan mensukses gerakan sekolah sehat, karena, Gerakan Sekolah Sehat dilaksanakan berbasis aset yang ada di sekolah dan didukung oleh seluruh warga sekolah. (Hengki Refegon)


Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.