-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Surian Dihantam Banjir, Bupati Solok Turunkan Seluruh Alat Berat ke Lokasi

Surian Dihantam Banjir, Bupati Solok Turunkan Seluruh Alat Berat ke Lokasi

SOLOK, BLKNNEWS.COM - Intensitas hujan sangat tinggi di hampir seluruh wilayah Kabupaten Solok dalam beberapa minggu terakhir ini, menyebabkan wilayah bagian selatan Kabupaten Solok di landa banjir bandang, tepat nya di Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin. 

Hujan deras yang mengguyur Nagari Surian dari Malam hari sampai pagi Kamis, 21 Desember 2023 membuat warga sekitar jadi cemas dan ketakutan, karena, wilayah sekitar yang di timpa Banjir Bandang sangat rawan bencana.

Peristiwa yang menimpa Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin tersebut membuat banyak pihak prihatin dan berdo'a agar tidak ada korban jiwa atas musibah bencana alam yang menimpa masyarakat Surian.

Menanggapi peristiwa bencana alam banjir bandang tersebut, Bupati Solok H. Epyardi Asda, M. Mar langsung menugaskan dinas terkait untuk segera ke lokasi dan meminta seluruh alat berat milik Pemkab yang ada di berbagai lokasi untuk disiagakan ke titik-titik rawan longsor dan titik lokasi bencana saat ini.

Bupati mengatakan: "Saya sudah meminta dinas PU, Dinsos, Perkim dan BPBD untuk segera membantu warga yang terdampak banjir. Semua alat berat yang ada di sejumlah kecamatan untuk ditarik dan disiagakan di lokasi rawan longsor dan bencana," ucapnya Kamis (21/12/2023).

Ia menjelaskan, memasuki musim hujan saat ini, Kabupaten Solok menjadi salah satu daerah yang rawan bencana. 

"Daerah Kabupaten Solok ini termasuk daerah rawan. Untuk itu alat berat berupa ekskavator begitu penting. Jika ada longsor, maka bisa menutup akses jalan bagi warga, akibatnya, bisa melumpuhkan ekonomi warga sekitar terjadi nya bencana, untuk itu saya sebagai kepada daerah juga meminta semua perangkat nagari dan kecamatan harus stanby di wilayah masing-masing guna, untuk terus memantau dan berkoordinasi dengan Pemkab Solok untuk memastikan keselamatan warga dalam musim penghujan saat ini," katanya. 

Senada dengan itu, Kalaksa BPBD Kabupaten Solok Irwa Efendi mengatakan, timnya sudah turun ke lokasi banjir bandang yang terjadi di Nagari Surian saat mendapatkan laporan. 

"Kami sudah turun ke lokasi, pendataan sudah dilakukan termasuk yang terdampak," ujarnya.

Ia menjelaskan, banjir bandang tersebut terjadi di Sungai Kayu Manang, Nagari Surian pada malam Rabu (20/12/2023). Data bangunan atau yang terdampak banjir untuk sementara yang diterima di antaranya :

1. Jembatan Bagiek 1 unit (ruas koto tinggi - sapan)

2.Jembatan Batu Panjang 2 unit ( koto tinggi - sapan)

3.jembatan Taluek batuang 3 unit (koto tinggi - sapan)

4.pabrik tahu (rusak ringan)

5 dan beberapa daerah irigasi hanyut

6.Lahan pertanian yang tertimbun longsor belum terdata.

"Selain itu ada 2 unit rumah di Leriang Kandi Jorong Tambang, Nagari Surian atas nama Yenti rusak berat, hanya tersisa 1 kamar dan juga rumah Yon rusak berat pondasi rumah tergerus. Selanjutnya, ada satu sarana ibadah Masjid Tambang kondisi dipenuhi lumpur untuk pembersihan perlu bantuan mobil Damkar," jelasnya. 

Kepada masyarakat Kabupaten Solok, Irwan Efendi mengimbau, khususnya di titik-titik rawan bencana yang ada di Nagari Surian untuk tetap siaga dan berhati-hati dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari, karena intensitas hujan masih tinggi di Kabupten Solok. (Andar MK)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.