-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Sebanyak 744.428 Pemilih di Kabupaten Purbalingga Siap ke TPS

Sebanyak 744.428 Pemilih di Kabupaten Purbalingga Siap ke TPS

Sebanyak 744.428 Pemilih di Kabupaten Purbalingga Siap ke TPS

BLKN NEWS ■ KPU Purbalingga melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), pada Rabu, (14 Oktober 2020), di Aula KPU Purbalingga.

Hadir dalam rapat pleno, Ketua KPU Purbalingga beserta anggota, Bawaslu Purbalingga, Kepala Dinas kependudukan catatan sipil Faturohman, dan Ketua beserta anggota PPK Divisi program data, serta LO dari semua Paslon (Sukhedi,  LO pasangan calon no 1, Tadjriyanto, LO pasangan calon no2)

Ketua KPU Purbalingga, Eko Setiawan mengatakan, bahwa kronologis penetapan DPT hari ini merupakan proses panjang, dari bahan DPS, menjadi DPS, dan pemutakhiran data pemilih yang di lakukan oleh KPU dan jajarannya. 

Kendati demikian bahwa data kependudukan sifatnya dinamis, sehingga berbicara angka DPT yang paling valid adalah hari ini. Esok atau seminggu yang akan datang, jangan heran DPT masih dinamis. 

"Seperti orang meninggal, pindah tapi masih ada di DPT. Karena  sangat mungkin setelah penetapan DPT, ada orang meninggal dan pindah. Sikap KPU pasti akan menindaklanjuti dan sinkronisasi sesuai dengan kondisi," pungkas Eko.

Seperti kita ketahui, lanjutnya, bahwa beberapa waktu yang lalu, KPU Purbalingga telah menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), berjumlah 744.428  pemilih, yang terdiri dari laki-laki 374.316, perempuan 370.112.

Dalam uji publik DPS, yang di laksanakan pada 21 September 2020, selanjutnya di lakukan pemutakhiran data pemilih oleh KPU Purbalingga dan jajaranya, serta terdapat masukan dari berbagai elemen masyarakat, juga Bawaslu. Dimana dalam tahapan ini ada perubahan, baik dari pemilih baru, pemilih TMS, dan perbaikan elemen data pemilih. 

Dari tahapan-tahapan yang dilalui, maka hari ini KPU Purbalingga melaksanakan rapat pleno menetapkan DPT sejumlah 744.428  Pemilih, yang terdiri dari laki-laki 374.316 dan perempuan 370.316. Jumlah TPS 2.129, yang tersebar di 239 Desa/Kelurahan.

Sementara itu, Catur Sigit Prasetyo, selaku Divisi program dan data KPU Purbalingga menyatakan bahwa rapat pleno terlaksana dengan baik, dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh PPK, PPS, PPDP, dan seluruh stekholder yang sudah membantu penyusunan daftar pemilih dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga 2020, segingga DPT menjadi mutakhir, akurat, dan komprehensif.

( Agus P )

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.