KPU Lutra Gelar Rakor Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih
-->

KPU Lutra Gelar Rakor Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih

BLKN NEWS
Jumat, 24 Juli 2020

 KPU Lutra Gelar Rakor Evaluasi Pemutakhiran Data Pemilih

BLKN NEWS ■ Dalam rangka Untuk memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menggelar rapat koordinasi evaluasi pemutakhiran data pemilih. Kegiatan ini berlangsung diaula demokrasi, pada Kamis, 23/7/2020.

Hadir dalam kegiatan Anggota KPU sulsel divisi data Uslimin, Anggota KPU Lutra Supriadi, Rahmat. Ketua dan Anggota PPK se Kabupaten Luwu Utara..

Dalam penyampaiannya Uslimin mengatakan tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih dalam setiap pelaksanaan pemilu atau pilkada sangat penting karenanya memiliki rentang waktu yang sangat panjang.

Pada Pilkada tahun 2020 proses pemutakhiran data dan penyusunana DPT sesuai dengan tahapan dijadwalkan berlangsung mulai Juni hingga Oktober 2020.

"Proses yang cukup panjang dan berjenjang dalam penyusunan daftar pemilih bertujuan untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memenuhi syarat untuk memilih, namanya tercantum dalam Daftar Pemilih." Kata Uslimin

Untuk itu lanjut Uslimin kepada PPK dan PPS  agar melakukan monitoring dan evaluasi setiap  setiap hari terhadap coklit yang dilakukan PPDP diwilayah masing-maaing laporkan progres kerja serta apa kendala yang ditemui PPDP dalam proses coklit. Apa lagi saat ini kita diperhadapkan kondisi yang sulit dengan adanya pandemi Covid-19 dan bencana alam banjir bandang ini adalah tantangan kita sebagai penyelenggara.

Khusus untuk wilayah daerah yang .mengalami bencana PPDP dapat menyusuaikan dengan kondisi lapanga lakukan koordinasi dengan pemerintah desa atau dusun setempat dan libatkan panwascam jika menemui kendala, arsipkan semua rekam jejak kondisi pemilih.

Selain itu Kata dia PPDP dalam melakukan coklit dengan menemui pemilih secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Petugas diwajibkan memenuhi protokol ksehatan seperti menggunakan masker, sarung tangan sekali pakai, pelindung wajah, menjaga jarak, tidak melakukan kontak fisik, dan mencuci tangan.

Dalam pertemuan itu Ia juga berpesan kepada PPDP dalam melaksanakan tugasnya melakukan coklit secara benar dan sungguh -sungguh mendatangi rumah ke rumah setiap warga untuk menemui pemilih dan melaksanakan prosedur ini dengan benar. Mencatat yang harus dicatat. Mencoret yang harus dicoret,

Ditempat yang sama Anggota KPU Lutra Supriadi mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan coklit PPDP setiap hari dilaporkan oleh masing-masing PPK dan alhamdulillah beejalan lancar kecuali didaerah tertentu yang mengalami bencana dengan tetap menjaga etika dan norma dengan melihat kondisi pemilih  lapangan.

Supriadi juga mengucapkan terima kasih kepada KPU sulsel, atas kedatangannya  untuk memberi arahan dan .semoga kehadiranya menjadi spirit kami dalam menjalan tahapan pemuktahiran data pemilih dalam kondisi bencana.

■ Aldhy