Jelang Pilkada, Irman Yasin Limpo Gaungkan Demokrasi Waras
-->

Jelang Pilkada, Irman Yasin Limpo Gaungkan Demokrasi Waras

BLKN NEWS
Kamis, 09 Juli 2020

  Jelang Pilkada, Irman Yasin Limpo Gaungkan Demokrasi Waras

BLKN NEWS ■ Jelang Pilkada Serentak 2020 yang akan dihelat Desember mendatang, Irman "None" Yasin Limpo, mengkampanyekan bagaimana berdemokrasi yang seharusnya. Demokrasi Waras. Begitu None menyebutnya.

Menurut Staf Ahli Pemprov Sulsel ini, demokrasi yang baik bukan siapa yang heboh, bukan siapa yang punya uang. Demokrasi yang ideal adalah demokrasi yang benar, prosesnya harus benar, metodologi dan manajemen pemenangannya harus baik, karena didalamnya ada uang rakyat, ada harapan orang banyak untuk para pemimpinnya.

"Demokrasi waras adalah demokrasi yang melahirkan nilai edukasi yang tinggi, karena kepemimpinan yang fokus pada value, bukan power. Sehingga, pemimpinnya memaksakan nilai-nilai yang baik dan benar," jelas pendiri pesantren politik Adhyaksa Supporting House ini.

Mantan Penjabat Bupati Luwu Timur ini menyampaikan, demokrasi yang sehat ketika pemimpinnya melakukan tata kelola yang baik dan benar, dengan parameter kualitatif dan kuantitatif. Pemerintahan yang mengedepankan pada service (pelayanan) sampai lini terujung.

"Selain itu, pemimpin yang tidak mengedepankan ego, karena pemimpin memakai tempat duduknya rakyat, uang pajaknya rakyat," imbuhnya.

Ia menambahkan, pemimpin harus mumpuni di kebijakan publik. Mampu berkolaborasi antara politisi dan birokrasi, untuk melakukan cek and balance, sehingga tidak ada power absolute.

"Pemimpin yang menuangkan aturan tentang perilaku dan adab berinteraksi. Misalnya, buat Perwali tentang perubahan perilaku guru interaksi dengan siswa," saran None.(rls)