-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Hasil D-1 Pileg DPRD Sumbar, 7 Partai Bagi Rata 7 Kursi Dapil 7

Hasil D-1 Pileg DPRD Sumbar, 7 Partai Bagi Rata 7 Kursi Dapil 7

 
Partai Demokrat mengamankan kursi terakhir DPRD Sumbar dari daerah pemilihan (Dapil) 7, Solok Raya yang meliputi Kabupaten Solok, Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan. Caleg Partai Demokrat nomor urut 1, Agus Syahdeman, SE, dinyatakan sebagai pemenang dengan mengantongi 9.043 suara, sekaligus menumbangkan incumbent (petahana) Irzal Ilyas Dt Lawik Basa. 

SOLOK, BLKNNEWS.COM - Kepastian kursi terakhir yang didapat Partai Demokrat tersebut, terlihat dari hasil rekapitulasi D-1 dari 22 kecamatan di Dapil 7. Yakni 14 kecamatan di Kabupaten Solok, 2 kecamatan di Kota Solok dan 6 kecamatan di Kabupaten Solok Selatan. Partai Demokrat di Dapil 7 mengoleksi 24.203 suara. Jumlah ini, membuat Partai Golkar yang tampil sebagai pemenang di Dapil 7, dengan 68.270 suara, gagal mendapatkan dua kursi. Karena dengan metode sainte lague, kursi kedua ditentukan dengan bilangan pembagi 3. Sehingga, saat perolehan Golkar 68.270 suara dibagi tiga hasilnya adalah 22.756,67, kalah dari 24.203 suara Partai Demokrat. 

Kursi pertama diraih oleh Yogi Pratama, SE. Anak kandung Bupati Solok Selatan, Khairunnas, meraih 32.963 suara, yang menempatkannya sebagai peraih suara terbanyak di Dapil 7 Solok Raya.

Kursi kedua di Dapil 7 diraih Partai Amanat Nasional (PAN) yang meraup 49.730 suara. Adik kandung Bupati Solok Capt. Epyardi Asda, M.Mar, yakni Lastuti Darni, S.Pd menjadi peraih suara terbanyak dengan raihan 19.736 suara.

Kursi ketiga menjadi milik Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang meraih 47.405 suara. Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman tampil sebagai peraih suara terbanyak dengan raihan 16.661 suara.

Kursi keempat menjadi milik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang meraup total 46.346 suara. Incumbent (petahana) Drs. Nurfirmanwansyah, Apt, MM, masih menjadi peraih suara terbanyak dengan koleksi 11.162 suara.

Kursi kelima, diraih Partai Gerindra dengan koleksi 41.214 suara. Incumbent Mario Syah Johan tampil sebagai peraih suara terbanyak dengan 18.274 suara.

Kursi keenam akhirnya diraih oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang berhasil mengoleksi 28.113 suara. Incumbent Daswippetra Dt Manjinjing Alam tampil sebagai peraih suara terbanyak dengan koleksi 8.497 suara. 

Hasil di Dapil 7 ini, merupakan ulangan dari hasil Pileg 2019 lalu, namun dengan komposisi berbeda. Karena 7 partai yang lolos ke DPRD Sumbar dari Dapil 7 pada Pileg 2019 lalu, kembali mengirimkan wakilnya ke Kantor DPRD Sumbar di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang di Pileg 2024. 

Agus Syahdeman yang dihubungi media ini, mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah mendukung dalam masa kampanye. 

"Mari terus kita kawal, hingga penghitungan resmi KPU diumumkan," ujarnya. (Andar MK)


Daftar Anggota DPRD Sumbar dari Dapil 7 Solok Raya

1. Yogi Pratama, SE (Partai Golkar)

2. Lastuti Darni, S.Pd (PAN)

3. Drs. Abdul Rahman (NasDem)

4. Drs. Nurfirmanwansyah, Apt, MM (PKS)

5. Mario Syah Johan (Partai Gerindra)

6. Daswippetra Dt Manjinjing Alam, SH, M.Si (PPP)

7. Agus Syahdeman, SE (Partai Demokrat)

 

 

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.