Lautan Sampah Kali Jambe Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Tunggu Alat Berat - BLKNNews.com

Rabu, 30 Oktober 2019

Lautan Sampah Kali Jambe Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Tunggu Alat Berat

Lautan Sampah Kali Jambe Bekasi, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi Tunggu Alat Berat


Bekasi - Pemerintah Kabupaten Bekasi siap melakukan pembersihan lautan sampah di Kali Jambe, RW 12 Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi. Akan tetapi, Pemkab Bekasi masih menunggu alat berat dan armada truk sampah.

"Kita sudah dapat informasinya, kita siap bersihkan. Tapi kami masih tunggu kesiapan alat berat dari Dinas PUPR."

Hal itu dikatakan oleh Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Bekasi, Dodi Agus Supriyanto, ketika dikonfirmasi, Selasa (29/10/2019).

Dodi mengatakan, tumpukan sampah di Kali Jambe kerap terjadi. Penyebabnya, kata Dodi, warga sekitar  di bantaran kali membuang sampah sembarangan.

"Sampah bakal kerap muncul sepanjang kesadaran warganya masih minim. Warga juga harus perhatikan lingkungannya ini dong," kata Dodi.

Dia belum bisa memastikan kapan diterjukannya petugas untuk melakukan proses pembersihan tumpukan sampah di Kali Jambe tersebut. Alasannya, pembersihan sampah di Kali Jambe menyesuaikan waktu petugas dan armada truk.

"Petugas dan armada truk kita kan terbatas, nanti kita sesuaikan waktu. Kita tidak bisa langsung, karena dapat menganggu aktivitas pengangkutan sampah di wilayah lain," ucap Dodi.

Dia juga meminta dinas terkait melakukan penertiban bangunan liar di bantaran Kali Jambe tersebut agar tumpukan sampah tak terulang kembali.

"Sampah menumpuk berasal dari rumah tangga yang bermukim di bantaran kali. Maka kami meminta pihak berwenang untuk menertibkan bangunan liar itu," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kali Jambe, RW 12 Desa Satria Jaya, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, dipenuhi tumpukan sampah. Tumpukan sampah mengubali aliran Kali Jambe menjadi daratan karena sampah terus menumpuk dan padat.

Berdasarkan pengamatan Warta Kota, tumpukan sampah itu didominasi sampah rumah tangga, plastik, dan styrofoam. Bahkan terlihat ada sampah kasur, bantal, kayu, batang pohon pisang hingga kulkas bekas. Sejumlah anak-anak memanfaatkan tumpukan sampah yang seperti daratan itu sebagai area bermain.

Tumpukan sampah itu membuat air di Kali Jambe tak terlihat lagi, tumpukan sampah tampak seperti daratan. Anak-anak itu naik di atas tumpukan sampah, menyeberang dari tepi kali sisi barat ke tepi kali sisi timur. Padatnya tumpukan sampah itu membuat sejumlah anak-anak bermain di atas lokasi tumpukan sampah tanpa khawatir ambles.

Ketua RW 12 Desa Satria Jaya Tambun Utara, Ruslan mengatakan tumpukan sampah itu muncul ketika hujan turun deras, Minggu (27/10/2019) lalu. Sampah itu merupakan sampah kiriman dari hulu Kali Jambe tersebut.

"Ini bukan sampah warga kami, ini sampah kiriman. Kebawa saat hujan turun, nah mampet ketahan di sini," ucapnya.

Ruslan memerkirakan panjang tumpukan sampah itu mencapai 200 meter. Kejadian tumpukan sampah baru pertama kali terjadi. Sebelumnya tumpukan sampah di Kali Jambe ini kerap terjadi, akan tetapi berada di titik lain.

"Kalau di wilayah kami ini baru kali ini, paling ada tumpukan di titik lain. Biasa kalau tumpukan sampah ini muncul kalau abis hujan atau musim kemarau," katanya.

Tumpukan sampah udah dua hari itu mulai dikeluhkan warga. Ruslan berharap agar pemerintah setempat segera melakukan pembersihan tumpukan sampah tersebut.

"Semoga segera diangkut, ini cukup padat dan banyak sampah. Engga bisa diangkut manual, harus pakai alat berat," ujar Ruslan.

BERITA TERKAIT

Also read other articles

© Copyright 2019 BLKNNews.com | All Right Reserved