Gali Potensi dan Kreatifitas Dalam Bidang Penelitian Remaja - BLKNNews.com

Rabu, 07 Agustus 2019

Gali Potensi dan Kreatifitas Dalam Bidang Penelitian Remaja

Gali Potensi dan Kreatifitas Dalam Bidang Penelitian Remaja

BLKNNews, Denpasar - Pemkot Denpasar secara berkelanjutan terus mendukung tumbuhnya peneliti muda di kalangan pelajar. Kali ini, sebagai ajang penggalian bibit baru dalam pengembangan penelitian ilmiah di kalangan pemuda, Pemkot Denpasar turut menggelar Lomba Kreasi dan Karya Tulis Ilmiah di Kalangan Pemuda Tahun 2019. Adapun babak final dari ajang yang sebelumnya telah didahului dengan tahap seleksi awal ini diikuti oleh 149 peserta yang mengambil tempat di Rumah Pintar Denpasar, Selasa (6/8). 

Kadisdikpora Kota Denpasar, I Wayan Gunawan saat diwawancarai menjelaskan bahwa keberadaan pemuda sebagai tulang punggung penerus pembangunan bangsa harus dibekali dengan pengatahuan yang unggul. Karenanya, dari pelaksanaan lomba ini diharapkan mampu menjadi wahana untuk menumbuhkan kreatifitas pelajar dan pemuda Kota Denpasar baik dalam bidang akademik maupun non akademik. 

"Tentunya sesuai dengan program bapak Walikota dan Wakil Walikota Denpasar lomba ini merupakan bentuk dukungan terhadap tumbuhnya peneliti muda unggul di Kota Denpasar," jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan, babak final kali ini dilaksnakan melalui pameran karya serta presentasi dari masing-masing peserta.  Kegiatan tahun ini dikemas dalam 15 kategori lomba dengan jumlah peserta sebanyak 149 orang dari kalangan pelajar, pemuda dan guru di Kota Denpasar. Adapun kategori lomba tersebut yakni Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori Produk Tingkat SD, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori SD Alat, Lombs Karya Tulis Ilmish Ketegori SMK IPS, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori SMK Hayati, Lomba Karya Tulis Ilmiah Ketegori SMP Teknik. 

Selanjutnya Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori SMP Kemaritiman, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori SMP Humaniora, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori SMA IPA, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori SMA IPS, Lomba Karya Tulis Ilmiah Kategori Guru, Lomba Video Sejarah Budaya Bali, Lomba Video Profil Sekolah, Lomba Kekawin, Lomba Karaoke Lagu Pop Bali, dan Lomba Denpasar Membaca.

Gunawan menambahkan bahwa nantinya hasil karya ilmiah dari para peneliti muda yang merupakan peserta lomba tahun ini akan menjadi referensi dalam mendukung pembangunan di Kota Denpasar.

Selain itu, para peneliti remaja ini nantinya dapat memanfaatkan Rumah Pintar Denpasar sebagai ajang untuk berdiskusi serta merumuskan penelitian. "Kami sangat berkomitmen untuk mendukung peneliti sebagai insan penting dalam memberikan acuan untuk pembangunan," ujar Gunawan. 

Dari babak final lomba ini nantinya akan diseleksi untuk ditetapkan yang terbaik. (Ags/r4).

BERITA TERKAIT

Also read other articles

© Copyright 2019 BLKNNews.com | All Right Reserved