Penemuan Air Terjun di Lokasi TMMD Desa Nyanggelan, Berpotensi Jadi Tempat Wisata Baru - BLKNNews.com

Rabu, 10 Juli 2019

Penemuan Air Terjun di Lokasi TMMD Desa Nyanggelan, Berpotensi Jadi Tempat Wisata Baru

Penemuan Air Terjun di Lokasi TMMD Desa Nyanggelan, Berpotensi Jadi Tempat Wisata Baru

BLKNNews, Klungkung - Sebuah air terjun ditemukan warga Desa Nyanggelan di sebelah Barat Tukad Jinah di areal dekat lokasi TMMD Ke105 Kodim 1610/Klungkung. Melihat lokasi dan potensinya air terjun tersebut sangat mungkin dimanfaatkan menjadi sumber air bersih dan juga sebagai tempat wisata baru.

Dandim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon, S.E, M. Tr., (Han) dalam pernyataanya kepada wartawan, mengatakan air terjun itu ditemukan ketika pihaknya Satgas TMMD Ke 105 sedang melaksanakan Pra TMMD bersama warga melakukan pembersihan lokasi sasaranTMMD yang mana akan dibuka jalan.

Pembukaan jalan pada Pra TMMD tersebut dilakukan selama beberapa hari. Penyisiran dilakukan di antara tukad Jinah yang berbatasan dengan Desa Pesaban Kabupaten Karangasem, yang berada di barat Tukad Jinah lokasi temuan air terjun itu, tepatnya berjarak sekitar 500 meter dari rencana lokasi jalan TMMD.

“Untuk mencapai air terjun itu medannya lumayan sulit. Kawasan hutan kecil dan lembah dengan semak belukar yang masih lebat. Kadang harus membuat jalan baru. Tapi pencarian warga tak sia-sia. Semuanya terbayar lunas ketika menemukan air terjun itu. Tingginya sekitar 20 meter, dengan debit air sekitar 6 liter per detik", ujar Prebekel Wayan September.

Wayan September membeberkan air terjun yang mereka temukan sangat berpotensi menjadi sumber air bersih dan tempat wisata baru, asalkan ada jalan masuk yang sudah dirapikan dan dirabat, pihaknya akan minta bantuan TNI untuk mewujudkan jalan setapak tersebut.

Kawasan sekitar air terjun itu masih sangat alami. Menurut Prebekel, Wayan Septembet, air terjun yang ditemukan warga tersebut akan diberdayakan oleh warga setempat.

Warga berharap bisa menjadikan air terjun tersebut sebagai obyek wisata baru yang memberi manfaat dan juga untuk kesejahteraan masyarakat dengan keberadaan air terjun tersebut. (dim1610, @rb)

BERITA TERKAIT

Also read other articles

© Copyright 2019 BLKNNews.com | All Right Reserved