Dukung Pemerintah Wujudkan Pola Hidup Sehat, Yonzipur 18/YKR Galakkan Program Jambanisasi - BLKNNews.com

Kamis, 04 Juli 2019

Dukung Pemerintah Wujudkan Pola Hidup Sehat, Yonzipur 18/YKR Galakkan Program Jambanisasi

Dukung Pemerintah Wujudkan Pola Hidup Sehat, Yonzipur 18/YKR Galakkan Program Jambanisasi

BLKNNews, Gianyar - Batalyon Zeni Tempur 18/Yudha Karya Raksaka merupakan Satuan Bantuan Tempur yang berkedudukan langsung di bawah Kodam IX/Udayana dengan tugas pokok menyelenggarakan konstruksi dan destruksi untuk membantu tugas-tugas Kodam IX/Udayana dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan prioritas tugas pengamanan VVIP dan membantu Pemerintah Daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam dan bantuan kemanusiaan serta kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti TNI.

Dengan dasar OMSP tersebutlah, pada Senin (1/7/2019) di Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, telah dilaksanakan kegiatan Jambanisasi oleh personel dari Yonzipur 18/YKR dengan dipimpin langsung oleh Pgs. Pasi Intel Lettu Czi Heru Trianto.

Pentingnya jamban yang layak pakai merupakan bentuk kepedulian terhadap sanitasi di lingkungan masyarakat, sedangkan sanitasi sendiri merupakan perilaku hidup bersih dengan tidak secara langsung terkontaminasi kotoran ataupun bahan berbahaya untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan.

Dalam keterangannya, Danyonzipur 18/YKR Letkol Czi Parlindungan S., S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa program Jambanisasi yang dirangkum dalam kegiatan Karya Bakti yang digalakan oleh Yonzipur 18/YKR tersebut bertujuan untuk mendukung Program Pemerintah di Bidang kesehatan.

"Satuan kami terus berkordinasi dengan aparat desa di wilayah Kabupaten Gianyar dalam kegiatan Program Jambanisasi yang mana sudah berjalan selama periode Semester I Tahun Anggaran 2019," ungkapnya.

Danyon menambahkan, bahwa pembuatan jamban gratis bagi masyarakat kurang mampu ini merupakan bentuk nyata kepedulian Yonzipur 18/YKR dalam rangka meringankan beban masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan pelaksanaan pembinaan teritorial Satuan non Kowil di wilayah binaan.

"Dengan demikian, adanya program jambanisasi ini dapat secara langsung mendukung pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sadar akan sanitasi," tegas Danyon.

Adapun  pengerjaan Jambanisasi yakni di rumah milik Ibu Ni Nyoman Ruma yang beralamat di Banjar Pedapdapan, dan Ibu Nyoman Sumantri yang beralamat di Banjar Pesalakan, Desa Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar.

Dimana kedua warga ini sudah tepat sasaran untuk mendapatkan bantuan jambanisasi karena selama ini kedua ibu ini belum mempunyai fasilitas MCK. (@rb)

BERITA TERKAIT

Also read other articles

© Copyright 2019 BLKNNews.com | All Right Reserved