Dukung Kedaulatan Pangan, Kodim 1619/Tabanan Turun ke Sawah - BLKNNews.com

Selasa, 09 Juli 2019

Dukung Kedaulatan Pangan, Kodim 1619/Tabanan Turun ke Sawah

Dukung Kedaulatan Pangan, Kodim 1619/Tabanan Turun ke Sawah

BLKNNews, Tabanan - Menghadapi tahun 2015-2019 ini, sektor pertanian masih dihadapkan pada berbagai kendala, antara lain berupa jumlah penduduk yang terus meningkat, kerusakan lingkungan dan perubahan iklim, terbatasnya infrastruktur (jaringan irigasi, jalan usahatani, jalan produksi), belum cukup tersedianya benih/bibit unggul bermutu, pupuk, pestisida/obat-obatan, alat dan mesin hingga ke tingkat usaha tani.

Untuk pencapaian swasembada padi yang berkelanjutan, penyuluh, mahasiswa dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) menjadi unsur penting dalam menggerakan para petani pelaku utama untuk dapat menerapakan teknologi.

Dalam rangka upaya khusus (Upsus) peningkatan produksi padi mendukung kedaulatan pangan di Kabupaten Tabanan pada Senin (08/07/2019) telah dilaksanakan kegiatan gerakan tanam padi di Subak Gadon 1, Ds. Pandak Gede, Kec. Kediri, dengan pemilik sawah I Made Krisna.

Dengan luas sawah untuk percontohan 50 are dan jenis padi yang di tanam padi Ciherang dengan jenis penanaman jajar legowo, luas keseluruhan Subak Gadon 1 Pandak Gede 143 hektar.

Danramil 1619-04/Kediri atas seizin Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto, menyampaikan bahwa tanam padi yang dilaksanakan di wilayahnya merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan hasil yang tinggi dengan kualitas sebaik mungkin. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan maka, tanaman yang akan ditanam harus sehat dan subur. (dim1619, @rb)

BERITA TERKAIT

Also read other articles

© Copyright 2019 BLKNNews.com | All Right Reserved